Senin, 25 Oktober 2010

Makanan Khas Yogyakarta / Jogja
Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, kota Yogyakarta / Jogja memiliki potensi keanekaragaman makanan khas yang dapat ditemukan, baik berupa makanan khas Jawa maupun daerah lain. Katalog MAKANAN KHAS ini menampilkan berbagai bentuk masakan / makanan khas Yogyakarta / Jogja tradisional yang diharapkan dapat memperkaya pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta / Jogja.




Ampyang PDF Cetak E-mail
Makanan Khas Yogyakarta / JogjaDicetak dalam bentuk bundar kecil dengan bahan baku kacang dan gula merah. Makanan ringan Ampyang ini dengan mudah diperoleh di obyek wisata Kaliurang, seperti halnya jadah tempe atau di kios-kios pusat oleh-oleh yang berada di jalan Mataram dan kawasan Pathuk, Yogyakarta.









Serabi Kocor dari Yogya Cuma Seribuan

"Serabi kocor terbuat dari tepung beras yang diolah dengan buah kelapa yang telah dihaluskan, tanpa ada tambahan rasa, sehingga rasanya masih asli," katanya.hehehe

Selain dari bahan bakunya, serabi kocor juga memiliki ciri khas dari cara dan proses memasaknya yang menggunakan semacam cobek kecil yang terbuat dari tanah liat, dan dimasak dengan menggunakan kayu bakar.

"Dalam proses pembuatannnya masih menggunakan cara tradisional, karena dengan cara itu mempengaruhi rasa serabi sehingga terasa lebih gurih. Jika dimasak dengan semacam wajan kecil dari alumunium misalnya, rasanya akan berbeda, dan tidak memiliki kekhasan tersendiri," katanya.
Semua bahan bakunya tersedia di pasar, mulai dari tepung beras, kelapa tua, hingga gula jawa.
Serabi kocor disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula jawa dan santan kelapa. Serabi ini disebut `kocor`, karena menggunakan kuah manis ketika menyantapnya," katanya.

Harga serabi kocor relatif murah. "Satu serabi hanya seharga Rp1.000," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar